Senin, 26 November 2012

Bagaimana Menjadi Manajer yang Lebih Baik

Kebutuhan untuk Meningkatkan Managerial Skills sudah merupakan makanan pokok bagi Anda seorang Manajer atau bahkan hanya seorang Supersivor atau Team Leader.  Kebutuhan untuk menjadi Manajer yang Baik tidak akan berlalu begitu saja.  Hal ini harus diintensifkan atau dilakukan secara reguler.  Kehidupan organisasi yang datar-datar saja akan membawa tim menjadi “BIASA”.  Namun dengan adanya Jaringan Informasi yang makin gencar akan memberikan kebutuhan bagi orang lebih banyak dan lebih cepat.  Orang yang bisa mengelola diri sendiri dan orang lain dalam lingkungan dengan tingkat stress tinggi akan mengalami peningkatan.
Anda tentu percaya bahwa setiap orang dapat menjadi Manajer yang Baik.  Ini adalah ketrampilan yang bisa dilatih dan akan menjadi kemampuan yang melekat pada diri Anda.  Berikut beberapa hal yang membuat Anda menjadi Manajer yang Lebih Baik.
Sebagai Individu (as a person):
1. Anda harus memiliki Percaya Diri (Confidence) dan Ketrampilan (Skills). Anda mencintai diri sendiri, tetapi Anda masih mau belajar dan menjadi lebih baik.
2. Anda perlu berlaku Terbuka (Ekstrovert). Anda tidak perlu melakoni kehidupan bagai sebuah Partai namun Anda jangan pula menjadi Gadis lugu yang hanya duduk menonton. Manajemen adalah Keterampilan Orang – bukan sebuah pekerjaan untuk seseorang yang tidak menikmati orang.
3. Anda harus Jujur dan Fokus ke Depan. Keberhasilan Anda sangat bergantung pada kepercayaan orang lain.
4. Anda adalah Bagian Sistem (Includer) bukan Diluar Sistem (Excluder). Anda akan membawa orang lain ke dalam apa yang Anda lakukan. Anda tidak mengecualikan orang lain hanya karena mereka tidak memiliki atribut tertentu.
5. Anda harus Hadir. Manajer harus memimpin. Para pemimpin yang efektif memiliki pengetahuan tentang kualitas tentang orang-orang mereka dan membuat orang mampu melihat wawasan lebih luas.
Dalam Pekerjaan (on The Job):
1. Anda harus Konsisten, tetapi Tidak Kaku; dapat Diandalkan, tetapi dapat berubah pikiran. Anda membuat keputusan, tetapi dengan mudah menerima masukan dari orang lain.
2. Anda yang sedikit “gila”.  Anda perlu berpikir out-of-the-box. Anda senang mencoba hal baru dan jika mereka gagal, Anda mengakui kesalahan, tetapi tidak meminta maaf karena telah mencoba dan berusaha.
3. Anda tidak takut untuk “Ber-Eksperimen”. Anda membuat Perencanaan dan Jadwal serta bekerja sesuai Arah.
4. Anda Lincah dan dapat mengubah rencana dengan cepat, tetapi Anda tidak Bertingkah.
5. Anda melihat informasi sebagai alat untuk digunakan, bukan sebagai kekuatan yang akan ditimbun.
Lihatlah diri Anda terhadap daftar ini. Cari tempat di mana Anda dapat meningkatkan kemampuan dan kemudian pergi untuk maju menjalani hari-hari sebagai Manajer.

 http://ikhtisar.com/bagaimana-menjadi-manajer-yang-lebih-baik/

1 komentar:

  1. hei kawan,Yuk kita ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi
    Desember2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang
    untuk setiap kategori. link
    http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

    oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan baak , maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian.. untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS , silahkan kunjungi link ini
    http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    makasi :)

    BalasHapus