Etika bisnis adalah bisnis setiap orang di setiap hari yang meliputi orang-orang dan tindakan mereka.
Tindakan-tindakan manajerial mereka selalu
mempunyai dimensi etika. Yang pertama adalah, manajer tidak dapat
bekerja dengan ekonomi murni tanpa menyentuh kehidupan manusia. Artinya
adalah bahwa seorang manajer tidak dapat bekerja sendiri tanpa bantuan
dari anak buahnya. Pekerjaan seorang manajer menjadi ringan dan cepat
selesai apabila Ia diperbantukan oleh orang-orang yang berkompeten di
bidangnya. Dalam bisnis, untuk mencapai suatu
keberhasilan, maka tim tersebut harus dapat bekerja dengan baik sehingga
dapat nantinya dapat mencapai keberhasilan yang efektif dan efesien.
Kepemimpinan yang baik dalam bisnis adalah
kepemimpinan yang beretika. Etika adalah ilmu normative penuntun
manusia, yang memberi perintah bagi kita apa yang harus kita kerjakan
dalam batas-batas sebagai manusia.
Dalam sebuah tim, sangat dibutuhkan
kepercayaan. Kepercayaan berarti membiarkan orang lain melakukan apa
yang menjadi tugas dan wewenangnya serta bertindak secara sama tetapi
masih di dalam batas kewajaran. Pemimpin bukan berarti bebas lepas
melakukan apapun yang Ia sukai. Pemimpin juga harus selalu
menghormati peraturan yang telah ditetapkan bersama. Kepercayaan terjadi
apabila nilai dan tingkah laku bertemu. Orang-orang akan semakin
menaruh respek dan kepercayaan kepada pemimpin, apabila apa yang
diucapkan sang pemimpin sama dengan apa yang dilakukannya.
Kunci kepemimpinan yang efektif terletak
pada hubungan yang dibentuk bersama anggota tim lainnya. Kepimpinan
dimulai dari diadakannya rapat pembentukan. Apa yang hendak dicapai?
Dengan siapa pemimpin akan bekerja? Pemimpin juga harus selalu melakukan
dialog bersama anggotanya, meminta saran dan masukan dan juga tak
segan-segan menegur bila anggotanya ada yang melakukan kesalahan.
Pemimpin pun harus mampu menerima kritik dari bawahan agar bekerja lebih baik di kemudian hari.
Selain itu, pemimpin juga diharapkan memberikan pujian, bila hasil kerja anggota tim nya memang bagus. Pemimpin jangan terlalu gengsi atau menjaga jarak. Karena pujian juga merupakan hal yang sangat penting dalam kepemimpinan. Pujian yang efektif apabila diberikan secara spesifik, tulus dan dengan cepat setelah kejadian yang layak beroleh pujian terjadi. Pujian merupakan jalan terbaik bagi seseorang untuk mengetahui kalau karyanya diakui, sehingga Ia akan semakin berkeinginan untuk lebih maju lagi dalam berkarya.
Kepemimpinan pada dasarnya adalah bagaimana
membawa orang-orang menuju ke tempat yang seharusnya. Pencapaian yang
tertinggi dari seorang pemimpin adalah saat mereka memperoleh respek dan
kepercayaan.Selain itu, pemimpin juga diharapkan memberikan pujian, bila hasil kerja anggota tim nya memang bagus. Pemimpin jangan terlalu gengsi atau menjaga jarak. Karena pujian juga merupakan hal yang sangat penting dalam kepemimpinan. Pujian yang efektif apabila diberikan secara spesifik, tulus dan dengan cepat setelah kejadian yang layak beroleh pujian terjadi. Pujian merupakan jalan terbaik bagi seseorang untuk mengetahui kalau karyanya diakui, sehingga Ia akan semakin berkeinginan untuk lebih maju lagi dalam berkarya.
Pemimpin yang baik juga harus menyiratkan
bahwa Ia adalah seorang pembimbing, demokratis dan penentu kecepatan
dalam bekerja. Dalam membuat suatu keputusan, pemimpin sekiranya jangan
plin-plan atau tidak pasti. Karena hal ini dapat memberikan dampak buruk
bagi emosi bawahannya. Di mana bawahan akan merasa bahwa pemimpinnya
tidak bijaksana. Sehingga mereka pun akan sering plin-plan dalam
bertindak. Padahal kita ketahui bersama pengambilan keputusan sangat
penting dalam kegiatan manajerial.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar