Didalam dasar-dasar pemasaran kita mengenal
istilah pendistribusian. Pendistribusian adalah kegiatan pemasaran yang
berusaha memperlancar serta mempermudah penyampaian produk dan jasa dari
produsen kepada konsumen sehingga pengguanaanya sesuai (jenis,
jumlah,harga,tempat dan saat) dengan yang di perlukan.
Penyampaian produk dan jasa dari ke
produsen kepada konsumen melewati berbagai perantara, maka dalam pensitribusian
dilakukan system distribusi. Secara umum, system distribusi dapat dibedakan
menjadi dua jenis , pertama system
distribusi langsung .Sistem ini menggunakan satu atau berbagai perantara
untuk sampai ke konsumen. Didalam system pendistribusian langsung, terdapat
bentuk system konvensional (tradisional) maupun system pemasaran vertical .
Sistem distribusi konvensional ini menggunakan perantara yang independen dari
pengendalian produsen.Lalu System Pemasaran Vertical dapat dilakukan melalui
cara administrasi, kontraktual, maupun korporasi.
Kedua system
distribusi tidak langsung, system ini tidak menggunakan perantara yang
indipenden. Produsen (dapat menggunakan agen penjual) langsung kepada konsumen.
Pada umumnya, system distribusi langsung digunakan pada system Direct Order
adalah dimana pelanggan dapat memesan langsung kepada penjual melalui surat,
telepon, atau bentuk komunikasi lain. Lalu, Direct Selling adalah dimana
penjual didatangi atau mendatangi pembeli . Direct Relationship Marketing
adalah dimana bentuk pemasaran yang mendasarkan pada respon individual
pelanggan.
Itulah bagaimana system distribusi
dilakukan.Bahwa semua system distribusi dilakukan dengan perantara. Karena
dengan system pendistribusian menjadi lebih mudah dan nyaman . Dari produsen
yang bersifat pengecer maupun perkulakan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar