Rabu, 30 April 2014

SISTEM DISTRIBUSI (PENDISTRIBUSIAN)



Didalam dasar-dasar pemasaran kita mengenal istilah pendistribusian. Pendistribusian adalah kegiatan pemasaran yang berusaha memperlancar serta mempermudah penyampaian produk dan jasa dari produsen kepada konsumen sehingga pengguanaanya sesuai (jenis, jumlah,harga,tempat dan saat) dengan yang di perlukan.
Penyampaian produk dan jasa dari ke produsen kepada konsumen melewati berbagai perantara, maka dalam pensitribusian dilakukan system distribusi. Secara umum, system distribusi dapat dibedakan menjadi dua jenis , pertama system distribusi langsung .Sistem ini menggunakan satu atau berbagai perantara untuk sampai ke konsumen. Didalam system pendistribusian langsung, terdapat bentuk system konvensional (tradisional) maupun system pemasaran vertical . Sistem distribusi konvensional ini menggunakan perantara yang independen dari pengendalian produsen.Lalu System Pemasaran Vertical dapat dilakukan melalui cara administrasi, kontraktual, maupun korporasi.
Kedua system distribusi tidak langsung, system ini tidak menggunakan perantara yang indipenden. Produsen (dapat menggunakan agen penjual) langsung kepada konsumen. Pada umumnya, system distribusi langsung digunakan pada system Direct Order adalah dimana pelanggan dapat memesan langsung kepada penjual melalui surat, telepon, atau bentuk komunikasi lain. Lalu, Direct Selling adalah dimana penjual didatangi atau mendatangi pembeli . Direct Relationship Marketing adalah dimana bentuk pemasaran yang mendasarkan pada respon individual pelanggan.
Itulah bagaimana system distribusi dilakukan.Bahwa semua system distribusi dilakukan dengan perantara. Karena dengan system pendistribusian menjadi lebih mudah dan nyaman . Dari produsen yang bersifat pengecer maupun perkulakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar