Didalam organisasi kita mempunyai tujuan,
bagaimanakah tujuan itu tercapai ? Bagaimanakah proses itu berjalan untuk
mencapai tujuan ? Agar tujuan organisasi dapat tercapai, dilakukan dengan perencanaan,
sebab perencanaan ini merupakan proses dasar manajemen didalam mengambil suatu
keputusan dan tindakan.
Bila hasil keputusan dapat diambil, kita
harus melakukan proses pembuatan keputusan.
Pertama yang harus dilakukan yaitu pemahaman dan perumusan masalah, dimana
manajer harus dapat menemukan masalah apa yang sebenarnya, dan menentukan
bagian-bagian mana yang harus dipecahkan dan bagian mana yang seharusnya
dipecahkan.
Kedua pengumpulan
dan analisa data yang relavan.Setelah masalah ditemukan, lalu ditentukan
dan dibuatkan rumusannya untuk membuat keputusan yang tepat.
Ketiga pengembangan alternative, memungkinkan
menolak kecenderungan membuat keputusan yang cepat agar tercapai keputusan yang
efektif.
Keempat pengevaluasian terhadap alternative yang digunakan, menilai
efektivitas dari alternative yang dipakai , yang diukur dengan menghubungkan tujuan dan sumber daya
organisasi dengan alternative yang realistic.
Kelima pemilihan alternative terbaik, didasarkan pada informasi yang
diberikan kepada manajer dan ketidak sempurnaan kebijaksanaan yang diambil oleh
manajer.
Keenam implementasi
keputusan, manajer harus menetapkan anggaran, mengadakan dan mengalokasikan
sumber daya yang diperlukan.
Terakhir evaluasi
atas hasil keputusan, implementasi yang telah diambil harus selalu
dimonitor terus menerus . apakah berjalan lancar dan memberikan hasil yang
diharapkan.
Bahwa untuk mengambil keputusan tidak
dilakukan sepihak , tetapi atas dasar kewenangan. Seperti atas persetujuan
manajer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar