Rabu, 14 Januari 2015

Perilaku Konsumen

Nama Penulis: Mumuh Mulyana dan Rini Syarif
Judul Penelitian: ANALISIS SIKAP DAN PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN PRODUK STUDI KASUS PRODUK SUSU KENTAL MANIS COKLAT INDOMILK PADA KONSUMEN JAKARTA
Sumber Jurnal: http://jurnal.stiekesatuan.ac.id/index.php/jik/article/viewFile/295/314

METODE PENELITIAN
A. Ruang Lingkup Penelitian.
Ruang lingkup penelitian yang dilakukan oleh penulis terdiri dari 2(dua) bagian, yaitu :
1. Riset lapangan.
Dalam penelitian lapangan ini penulis melakukan penelitian langsung keperusahaan guna mendapatkan data dan informasi yang dapat digunakan dalam penyusunan skripsi yang pelaksanaanya dengan menggunakan
cara
a. Interview.
Yaitu mengadakan wawancara dengan memberikan berbagai pertanyaan kepada pimpinan, staff maupun karyawan serta semua pihak yang terlibat dalam proses penetapan harga.
b. Observasi.
Yaitu dengan menganalisa data yang telah ada yaitu data penjualan dari tahun 1999
sampai tahun 2002 dan mencari hubungan antara variable-variabel tersebut.
2. Riset kepustakaan.
Yaitu dengan cara dipelajari dan melihat buku-buku yang terdapat di perpustakaan
untuk mendapatkan informasi yang berhubungan dengan materi penulisan. Datadata
yang diperoleh dari riset kepustakaan tersebut merupakan data sekunder yang
sangat mendukung data primer untuk mendapatkan landasan teori yang kuat dalam
menyusun analisa dan pembahasan.
B. Sumber Data.
Sumber data yang diperoleh, yaitu :
1. Data primer.
Untuk mendapatkan data primer ini penulis melakukan kegiatan-kegiatan seperti observasi dan wawancara langsung.
2. Data sekunder.
Yaitu data yang diperoleh dengan cara mempelajari atau membaca literaturliteratur yang berhubungan dengan masalah yang dibahas.
C. Teknik Penganalisaan Data
Teknik penganalisaan menggunakan analisis sikap Fishbein. Berikut ini model multiatribut
dari fishbein.

Kesimpulan
1. Konsumen memiliki keyakinan bahwa susu kental manis coklat Indomilk memiliki
sejumlah atribut yang mendorong konsumen untuk membeli susu kental manis coklat
Indomilk. Berdasarkan hasil perhitungan keyakinan responden tentang atribut yang
dimiliki oleh produk susu tersebut, maka disimpulkan bahwa atribut yang diyakini
konsumen ada pada produk susu kental manis coklat Indomilk secara berurutan
adalah sebagai berikut : (1) Rasa sesuai selera, (2) Warna menarik, (3) Manfaat bagi
kesehatan, (4) Lebih lezat, (5) Lebih murah, (6) Tidak ada zat berbahaya dan (7)
Mengandung Nilai Gizi dan (8) ukuran cukup ideal.
2.Berdasarkan hasil evaluasi konsumen atas masing-masing atribut, dapat didimpulkan
bahwa konsumen yakin bahwa atribut pada produk tersebut dapat diterima (setuju).
Berdasarkan nilai evaluasi atas masingmasing atribut, dapat diurutkan berdasarkan
ranking tertinggi (yang paling disukai) hingga terendah (bukan alasan utama dalam
membeli) yakni sebagai berikut : (1) Lebih murah, (2) Rasa sesuai selera, (3)
Mengandung Nilai Gizi, (4) Lebih lezat, (5) Tidak ada zat berbahaya, (6) Warna
menarik, (7) ukuran cukup ideal dan (8) Manfaat bagi kesehatan.
3. Berdasarkan hasil perhitungan nilai Fishbein, diperoleh skor sebesar 23,706. Skor ini mengandung makna, bahwa konsumen memiliki sikap yang positif terhadap susu kental manis coklat Indomilk. Artinya citra produk ini cukup baik. Jika dilihat lebih dalam, maka skor 23,706 tersebut
mengandung makna bahwa sikap konsumen dalam membeli susu kental manis coklat
Indomilk adalah positip dan setuju akan atribut yang ada dalam produk susu kental
manis coklat Indomilk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar