Perilaku konsumen adalah tindakan atau
perilaku yang dilakukan konsumen yang dimulai dengan merasakan adanya kebutuhan
dan keinginan, kemudian berusaha mendapatkan produk yang diinginkan,
mengonsumsi produk tersebut, dan berakhir dengan tindakan-tindakan pasca
pembelian, yaitu perasaan puas atau tidak puas. Dengan usaha untuk mendapatkan
produk , kita harus mencari informasi tentang produk dan harga. Peran media
sangat penting untuk menyampaikan sebuah informasi , seperti media surat kabar,
televisi, radio dan majalah.
Dengan perkembangan zaman , penyampaian
informasi sangat beragam. Online adalah komputer yang terhubung dengan jaringan
internet, internet adalah jaringan yang terhubung komputer dengan komputer
lainnya. Dengan ini, perusahaan memanfaatkan internet dengan membuat website untuk
menyampaikan informasi tentang produk yang dimilikinya. Kemudahan internet
membuat konsumen beralih untuk mendapatkan produk memalui sistem belanja online
atau online shopping .
Sistem pembelian online mempunyai sisi
kelemahan, yang paling utama terdapat pada kepercayaan akan produk yang
ditawarkan. Ketika seorang berbelanja online, hal utama yang menjadi
pertimbangan seorang konsumen adalah apakah mereka percaya kepada website yang
menyediakan online shopping dan penjual online pada website tertentu. Kepercayaan
konsumen terhadap website online shopping terletak pada popularitas website,
maka pembeli lebih yakin dan percaya terhadap realibilitas website.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar