Internet
Marketing, Strategi Pemasaran Online
Nanang
Juanda
16 Juni
2014
Ekonomi
SINOPSIS
Internet
marketing adalah suatu cara mengenalkan atau mengiklankan produk maupun jasa
secara online dengan menggunakan sarana internet. Banyak hal dapat
dilakukan di internet secara murah maupun gratis. Seperti halnya internet
marketing. Kita bisa menghemat banyak biaya iklan secara konvensional atau
mengeluarkan dengan jumlah yang sama, tetapi kita bisa mendapatkan value
yang jauh lebih besar.
Langkah-langkah
melakukan internet maketing, yaitu :
1.
Menggunakan
Facebook Ads
Facebook merupakan situs jejaring sosial terpopuler saat
ini. Ada ratusan juta pengguna, bahkan hampir menyentuh angka miliaran disana.
Oleh karena itu, sangat logis apabila kita melakukan marketing disana menggunakan
fitur facebook ads.
2.
Google
Adwords
Siapa yang tidak kenal dengan google? Ya, mensin pencari di
internet yang paling populer saat ini. Bahkan ke populerannya sekarang telah
menganterkan perusahaan tersebut berekspansi di segala bidang.
Website yang pada umumnya kita temukan di internet juga
dapat kita manfaatkan sebagai fasilitas branding ataupun marketing. Kita bisa
membuat website di internet menggunakan aplikasi gratisan maupun datan meminta jasa pembuatan website untuk
mendapatkan website profersional Anda. Dengan menambahkan teknik seo,
diharapkan website yang Anda miliki dapat dengan mudah di temukan oleh orang
lain di internet.
Pada
dasarnya ada banyak cara atau trik untuk melakukan internet marketing. Bagi
Anda yang memiliki keterbatasan ilmu internet marketing, cara diatas sudah cukup
membantu untuk melebarkan pasar atau market Anda di internet. Jika dirasa perlu
metode internet yang lebih advance, tidak ada salahnya untuk Anda berkonsultasi
dengan pakarnya secara langsung.
KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN
Keunggulan dari internet marketing:
1.Target marketing.Amajor keuntungan
dari Web adalah kemampuan untuk menargetkan kelompok yang sangat spesifik
individu dengan minimal cakupan limbah. Bagi mereka di
pasar business-to-bisnis, Internet menyerupai sebuah majalah kombinasi
perdagangan dan pameran dagang, karena hanya mereka yang paling tertarik pada
produk dan / atau jasa situs yang ditawarkan akan mengunjungi situs (yang lain
memiliki sedikit atau tidak ada alasan untuk
melakukannya). Di pasar konsumen, melalui personalisasi
dan teknik penargetan lainnya, situs menjadi lebih disesuaikan untuk memenuhi
kebutuhan seseorang dan keinginan.
2.Message tailoring. Sebagai
hasil dari tepat sasaran, pesan dapat dirancang untuk menarik kebutuhan khusus
dan keinginan target audiens. Ikatan capabili interaktif
Jaring memungkinkan untuk melakukan satu-ke-satu pemasaran dengan keberhasilan
peningkatan baik di bisnis dan pasar konsumen.
3.Kemampuan interaktif. Karena
Internet bersifat interaktif, memberikan potensi kuat untuk meningkatkan
keterlibatan pelanggan dan kepuasan dan hampir umpan balik langsung untuk
pembeli dan penjual. Arecent studi menunjukkan bahwa
sebanyak 47 persen multitask pengguna Internet. Sebagai
multitasking meningkat, kemampuan interaktif dari Internet akan membuat media
ini bahkan lebih menarik.
4.Mengakses informasi. Mungkin
keuntungan terbesar dari internet adalah ketersediaan sebagai sumber informasi.
Pengguna internet dapat menemukan sejumlah besar
informasi tentang hampir semua topik mereka memilih hanya dengan melakukan
pencarian melalui salah satu mesin pencari. Begitu mereka
telah mengunjungi situs tertentu, pengguna dapat mengumpulkan banyak informasi
tentang spesifikasi produk, biaya, informasi pembelian, dan sebagainya. Link akan mengarahkan mereka untuk informasi lebih banyak lagi jika
diinginkan.
5.Potensi penjualan. Angka-angka
yang diberikan sebelumnya dalam bab ini menunjukkan angka penjualan yang luar
biasa yang dihasilkan baik dalam bisnis-bisnis-dan segmen konsumen. Perkiraan adalah untuk pertumbuhan yang berkelanjutan di masa depan.
6.Kreativitas. Kreatif
dirancang situs dapat meningkatkan citra perusahaan, menyebabkan ulangi
kunjungan, dan positif posisi perusahaan atau organisasi di benak konsumen. Kunjungi beberapa situs yang disebutkan sebelumnya untuk melihat apa
yang kita maksud.
7.Eksposur. Untuk
perusahaan yang lebih kecil, dengan anggaran terbatas, World Wide Web
memungkinkan mereka untuk mendapatkan eksposur kepada pelanggan potensial yang
sampai sekarang tidak mungkin. Untuk sebagian kecil dari
investasi yang akan dibutuhkan dengan menggunakan media tradisional, perusahaan
dapat mendapatkan eksposur nasional dan bahkan internasional secara tepat waktu.
8.Kecepatan. Untuk
informasi tersebut meminta pada sebuah perusahaan, produk, dan / atau penawaran
layanan, Internet adalah cara tercepat untuk mendapatkan informasi ini.
9.Pelengkap IMC. Bersih
kedua melengkapi dan dilengkapi oleh media IMC lainnya. Dengan
demikian, ia berfungsi sebagai penghubung penting dalam proses integratif.
Kelemahan dari Internet Marketing :
Kelemahan dari Internet Marketing :
1.Pengukuran masalah. Salah
satu kelemahan terbesar dari internet adalah kurangnya keandalan angka
penelitian yang dihasilkan. review Aquick dari perkiraan,
profil penonton, dan statistik lainnya yang ditawarkan oleh penyedia penelitian
akan menunjukkan banyak varian-mengarah pada kurangnya serius validitas dan
reliabilitas. Salah satu perusahaan lain yang disebutkan
sebelumnya, eMarketer, telah berusaha untuk mendamaikan perbedaan-perbedaan
tersebut dan menjelaskan alasan yang menyebabkan perbedaan (perbedaan
metodologi yang digunakan), tapi masalahnya masih ada. Salah
satu publikasi terbesar dan paling mengutip industri perdagangan telah menulis
sebuah uraian dari sebuah perusahaan internet sangat dikutip penelitian,
merujuk ke nomor yang disediakan sebagai lain telah menekankan keprihatinan
atas kenyataan bahwa angka-angka situs kebanyakan tidak diaudit,
"menakutkan." Yang mungkin menyebabkan
kecurangan merajalela sehubungan dengan angka yang dilaporkan. Tindakan baru-baru ini diambil oleh IAB untuk membakukan metrik akan
membantu dalam mengurangi beberapa masalah ini. Namun
karena kesulitan terlibat dalam kedua pengukuran dan peramalan dalam media ini,
tetap perlu untuk melanjutkan dengan hati-hati bila menggunakan angka-angka ini.
2.Websnarl. Kadang-kadang,
informasi download dari internet membutuhkan waktu yang lama. Ketika ada sejumlah pengguna, meningkatkan waktu dan beberapa situs
mungkin tidak dapat diakses karena pengunjung terlalu banyak. Bagi banyak pengguna yang mengharapkan kecepatan, ini adalah kerugian
yang besar. Broadband adalah membantu mengurangi masalah
ini.
3.Clutter. Sebagai
jumlah berproliferasi iklan, kemungkinan satu iklan sedang melihat tetes
sesuai. Hasilnya adalah bahwa beberapa iklan mungkin
tidak bisa melihat, dan beberapa konsumen bisa menjadi terganggu oleh
kekacauan. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa
iklan banner mungkin kehilangan efektifitas karena alasan ini.
kaitannya dengan upaya pengiklan untuk menargetkan anak-anak dengan pesan iklan
yang halus. Pusat, antara lain, telah meminta pemerintah
untuk mengatur Internet. Selain itu, pengumpulan data
tanpa sepengetahuan konsumen dan izin, hacker, dan pencurian kartu kredit
sejumlah masalah-masalah Internet.
5.Privasi. Seperti
rekan-rekan mereka direct marketing, internet marketer harus berhati-hati untuk
tidak melanggar atas privasi pengguna. IAB telah
mengeluarkan kebijakan privasi yang meminta perusahaan untuk mematuhi
(www.iab.net lihat).
6.Kualitas produksi terbatas. Meskipun
membaik, iklan bersih tidak menawarkan kemampuan kompetitif banyak media dari
sudut pandang produksi. Sedangkan munculnya teknologi
canggih dan media yang kaya adalah penyempitan celah, Net masih tertinggal
beberapa media tradisional di daerah ini.
7.Miskin mencapai. Sementara
jumlah Internet tumbuh di pesat, jangkauannya masih jauh di belakang yang dari
televisi. Akibatnya, seperti yang dibahas sebelumnya,
perusahaan Internet telah berpaling ke media tradisional untuk mencapai tujuan
mencapai dan kesadaran. Selain itu, statistik menunjukkan
bahwa hanya sebagian kecil dari situs-situs di internet ditangkap oleh mesin
pencari dan bahwa 50 besar situs yang terdaftar di account untuk 95 persen dari
situs yang dikunjungi.
8.Iritasi. Sejumlah
penelitian telah melaporkan pada aspek menjengkelkan dari beberapa taktik Web. Penelitian-penelitian telah menunjukkan ketidakpuasan konsumen dengan
kekacauan, SPAM e-mail, dan pop-up dan pop-under. Aspek-aspek
menjengkelkan akan menghalangi pengunjung dari datang ke Perspektif
sites.Ethical 15-2 memperluas masalah ini. Secara
keseluruhan, internet marketer menawarkan beberapa keunggulan yang sangat pasti
lebih dari media tradisional. Pada saat yang sama, kekurangan
dan keterbatasan membuat media ini sebagai kurang dari solusi satu-stop. Namun, sebagai bagian dari program IMC, Internet adalah alat yang
sangat berharga.
SARAN
Saran saya untuk para pengusaha yang ingin mencoba
pemasaran online dengan internet marketing agar lebih banyak belajar. Karena
dengan internet marketing tidak semudah memasarkan langsung kepada konsumen.
Disini produsen diberi pekerjaan, bagaimana produk tersebut bisa dikenal dan
dipercaya dengan memasarkan memalui internet marketing.
Dengan internet marketing semua menjadi lebih mudah,
akan tetapi hal yang paling besar adalah bagaimana kita mengakses?, bagaimana
dengan tidak adanya tempat mengakses ?dan bagaimana dampak bila adanya internet
marketing ? . Semua itu harus diteliti dulu agar kita bisa menjalankan sebuah
usaha dengan apa yang kita mau.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar