Minggu, 30 Juni 2013

KELUARAN SISTEM RENCANA KEBUTUHAN BAHAN

Keluaran rencana kebutuhan bahan ialah informasi yang dapat digunakan untuk melakukan pengendalian produksi. Keluaran pertama berupa rencana pemesanan yang disusun berdasarkan waktu ancang dari setiap komponen atau item. Dengan adanya rencana pemesanan, maka kebutuhan bahan pada tingkat yang lebih rendah dapat diketahui. Selain itu proyeksi kebutuhan kapasitas juga akan diketahui, yang selanjutnya akan memberikan “revisi” atas perencanaan kapasitas yang dilakukan pada tahap sebelumnya.
Keluaran rencana kebutuhan bahan lainnya ialah:
     A.    Memberikan catatan pesanan penjadwalan yang harus dilakukan atau direncanakan baik dari pabrik maupun dari pemasok
     B.     Memberikan indikasi penjadwalan ulang
     C.     Memberikan indikasi pembatalan pesanan
     D.    Memberikan indikasi keadaan persediaan


Dengan demikian, pada garis besarnya MRP (Material Requirements Planning/rencana kebutuhan bahan) bukan hanya menyangkut manajemen material dan persediaan saja, tetapi juga mempengaruhi aktivitas perencanaan  dan pengendalian produksi sehari-hari di perusahaan.

Comment: This method is used to discrete industry with products, for industrial products that are continuous with this method can not be applied.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar