Selasa, 02 Juli 2013

Desain Produk

Situasi dan kondisi yang ada selamanya tidak selalu sama, demikian pula yang terjadi dalam dunia bisnis, sehingga konsep manajemen operasional juga harus beradaptasi dengan berbagai perubahan yang terjadi pada dunia bisnis yang menghasilkan barang dan jasa. Untuk produk jasa seperti perbankan, keuangan, asuransi, transportasi, komunikasi, kesehatan dan berbagai jasa lainnya pada tahap perancangan mempunyai tantangan tersendiri karena karakteristiknya unik. Salah satu alasan produktivitas jasa susah diperbaiki adalah karena desain produk jasa memasuki unsur interaksi konsumen. 

Strategi produk yang efektif memerlukan pemilihan desain produk yang kemudian mengimplementasikannya dalam kegiatan produksi.
Ada berbagai teknik yang dapat diterapkan pada produk jasa untuk mengefisiensikan biaya dan meningkatkan produk, diantaranya sebagai berikut:
  1. Penyelarasan selera (customization) yang ditunda sedapat mungkin.
  2. Modulirize dengan menyediakan paket-paket.
  3. Automatisasi atau mengurangi interaksi konsumen dengan menggunakan mesin untuk mengganti tenaga manusia.
  4. Moment of Truth adalah saat penting antara penyedia jasa dan konsumen yang berkesan meningkatkan atau menurunkan harapan konsumen.
Apabila strategi ini dijalankan secara efektif maka fungsi produksi akan memberikan kontribusi maksimum pada organisasi. Manager operasional selayaknya membangun sistem pengembangan produk yang memiliki kemampuan dalam merancang dan memproduksi sehingga perusahaan mempunyai keunggulan kompetitif.

Comment: I think it's good for the company because it may increase with the cost of efficient products.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar